Senin, 15 November 2010

Seminar Indonesia Madani

Fakultas Ekonomi UI mengadakan seminar yang mengusung tema “Seminar Indonesia Madani” pada tanggal 1-2 November 2010 di Auditorium FEUI. Acara yang akan yang diprakarsai oleh Forum Studi Islam UI ini, dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. ”Seminar ini begitu berbeda karena ini adalah kali pertama adakan di sebuah universitas,” ungkap Estie Dwi Pratiwi, selaku koordinator konsumsi.

Pada tanggal 1 November, sesi pertama dimulai pukul 09.00-12.00 bertemakan “Syar Islam Sebagai Pembangunan Ahlak dan Moral Warga Negara”, pembicaranya adalah KH. Amidhan (Ketua MUI), Prof. Said Aqil Siradj (Ketua PBNU) dan Prof. Dr. Din Syamsuddin (Ketua PP Muhammadiyah).

Berlanjut ke sesi 2 pukul 13.00-16.00 bertemakan “Politik dan Persfektif Islam”, pembicaranya adalah Drs. Musholli (Pembina PPSDMS Nurul Fikri) dan Ust. Amir Qasim, Lc. (Ketua Divisi Pendidikan Pusat Studi Islam Al-Manar).

Tanggal 2 November, sesi pertama di mulai pukul 09.00-12.00 bertemakan “Melengkapi Perbedaan Di Kalangan Umat Islam” pembicaranya adalah Ust. Farid Nu’man, SS. (Penulis Buku “Seuntai Bunga Rampai Politik Islam”) dan Rama Pratama, SE., Ak. (Mantan Ketua FSI FEUI dan BEM UI).

Dan di sesi kedua pukul 13.00-16.00 bertemakan “Urgensi dan Peran Dakwah Kampus Dalam Menyokong Dakwah Nasional dan Kemajuan Bangsa”, pembicara adalah Ust. Bachtiar Firdaus, ST., MPP. (Mantan Ketua BEM UI), Agung Nurwijoyo (Ketua Umum SALAM UI X3) dan Giri Suseno (Ketua Umum FSI FEUI 2010).

Tujuan dari penyelenggaraan seminar ini adalah memberikan pemahaman kepada umat islam khususnya mahasiswa tentang universalitas dan kesempurnaan Islam dan membentuk umat Islam yang bertenggang rasa dalam perbedaan serta menambah pemahaman dan motivasi kapada umat Islam yang tergabung dalam lembaga dakwah. n Srie Mulia

Tidak ada komentar: