Senin, 15 November 2010

Pola Hidup Konsumtif Di Indonesia

Konsumtif merupakan sifat yang dimiliki oleh masyarakat di Indonesia. Banyak dari masyarakat Indonesia beranggapan, seseorang yang berpola hidup konsumtif merupakan orang bertaraf sosial tinggi. Tatapi apakah anggapan seperti itu benar?

Faktanya, pola hidup konsumtif bukan hanya dimiliki orang-orang yang bertaraf social tinggi. Pola hidup konsumtif merupakan suatu sifat yang dimiliki oleh semua kalangan, baik dari masyarakat kalangan atas, menengah maupun bawah. Sifat tersebut sudah mendarah daging sehingga susah untuk diredam.

Banyaknya pusat perbelanjaan merupakan salah satu penyebab meningginya pola hidup konsumtif. Sudah tidak bisa dihitung berapa banyak pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia ini. Barang-barang serta fasilitas yang disediakan di pusat perbelanjaan, pastilah menggugah selera masyarakat Indonesia untuk berbelanja.

Untuk memenuhi kepuasaan masyarakat Indonesia dalam berbelanja, mereka dituntut untuk lebih giat mencari uang. Hal tersebut dapat membantu mengurangi pengangguran di Indonesia. Sehingga dapat mengurangi juga tindak kejahatan akibat pengangguran tersebut.

Apabila pola konsumtif dilakukan seraca berlebihan, hal tersebut akan mengakibatkan keborosan dalam hidup masyarakat Indonesia. Sehingga sesuatu yang seharusnya bermanfaat, akan terbuang secara sia-sia. n Srie Mulia

Tidak ada komentar: