Sabtu, 19 Desember 2009

DATABASE

Pendahuluan

Pada Konsep Sistem Informasi, kita akan mempelajari tentang Basis Data yang sering dikenal dangan “database”. Dalam bahasan kali ini, kita akan mengumpas tuntas tentang database. Mengubah data menjadi informasi merupakan suatu aplikasi pada panggunaan dari database.
Data dan informasi merupakan satu kesatuan. Data diperlukan dalam segala hal, baik berupa pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi, maupun pengambilan keputusan semuanya memerlukan data. Dengan kata lain data sangat dibutuhkan karena informasi yang ada akan memberikan arti yang sangat penting baik untuk saat ini maupun untuk akan datang.

Pengertian Database

Arti istilah database berkaitan erat dengan pengertian Basis Data. Representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa, supaya informasi yang dihasilkan berkualitas.
Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Dalam maksud yang sama, bisa juga diartikan sebagai sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field dan record yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuah field merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuah database. Sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentuk record.
Database merupakan sekumpulan data yang terintegrasi, yang diorganisasi untuk memenuhi kebutuhan para pemakai di dalam suatu organisasi.

Istilah dalam Database

• Database : Sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
• Data : fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu.
• Tabel : Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record.
• Field : disebut juga dengan kolom, yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data.
• Record : disebut juga dengan baris, yaitu satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom/field.

Database System

Database Management System dalam database juga sering dikenal dengan DBMS. DBMS adalah sebuah program yang memiliki fasilitas penyimpanan dan pemanggilan struktur informasi pada sistem computer, perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan ke database.
Sistem Basis Data : DBMS + Basis Data

Komponen Database System

1. Data
Disimpan secara terpadu (intergrated) dan dapat dipakai dapat dipakai secara bersama (shared).
2. Perangkat Keras
Terdiri dari unit penyimpanan sekunder.
3. Perangkat Lunak
Menghubungkan antara pemakai dan data di dalam sistem basis data.
4. Pemakai
a. System Engineer
Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan Database System, dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sitem tersebut kepada pihak penjual.
b. Administrator Database
Tenaga ahli yang mempunyai tugas untk mengontrol database system secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan database system, merencanakannya dan mengaturnya.
c. Programmer
Membuat program aplikasi yang diperlukan oleh pemakai akhir dengan nebggunakan data yang terdapat dalam database system.
d. Journaling Routines
Yang dipakai untuk mencatat semua operasi pemakaian database, termasuk indetifikaso pemakai serta isi receord sebelum dan sesudah operso tersebut.
e. Recavery Routines
Yang dipakai untuk mengembalikan isi database ke saat sebelum terjadinya ke rusakakan hardware dan software.
f. Statistical Analysis Routines
Yang dipakai untuk membantu memonitor keandalan sistem.

Tidak ada komentar: