Kamis, 14 Januari 2010

PlayStation

From Wikipedia, the free encyclopedia Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
PlayStation (disingkat PS, PSOne, PS1, atau salah, yang PSX adalah 32-bit generasi kelima konsol permainan video yang dirilis oleh Sony Computer Entertainment pada bulan Desember 1994.

PlayStation adalah yang pertama dari seri PlayStation dari konsol permainan dan perangkat genggam, yang pertama kali dibuat dan dirilis di Jepang. Penerus konsol dan upgrade mencakup Net Yaroze, PS satu, PSX, PocketStation, PlayStation 2, PlayStation Portable, dan PlayStation 3. On March 31, 2005, PlayStation dan PS satu gabungan mencapai total 102.49 juta unit dikirim, menjadi konsol permainan video pertama untuk mencapai 100 juta. Sebagai Juli 20, 2008, PlayStation telah terjual 102 juta unit. Sony menghentikan produksinya dari PlayStation pada 23 Maret 2006.

Sejarah

Model ini kemudian digantikan oleh Dual Analog, dan kemudian DualShock.
Konsepsi pertama dari PlayStation tanggal kembali ke 1986 di Jepang di mana ia diciptakan. Nintendo telah berusaha untuk bekerja dengan teknologi disc sejak Famicom, tapi media punya masalah. Sifat magnet yang ditulis ulang dapat dengan mudah dihapus (sehingga mengarah ke kurangnya daya tahan), dan cakram adalah pelanggaran hak cipta bahaya. Akibatnya, ketika rincian CDROM / XA (perpanjangan dari CD-ROM format kompresi yang menggabungkan audio, visual, dan data komputer, yang memungkinkan semua untuk diakses secara bersamaan) keluar, Nintendo tertarik. Bersamaan CD-ROM/XA sedang dikembangkan oleh Sony dan Philips. Nintendo mendekati Sony untuk mengembangkan sebuah CD-ROM add-on, sementara diberi judul yang "SNES-CD". Sebuah kontrak telah ditandatangani, dan pekerjaan dimulai. Nintendo pilihan dari Sony adalah karena sebelum menangani: Ken Kutaragi, orang yang nantinya dijuluki "Bapak PlayStation", adalah individu yang telah menjual Nintendo tentang penggunaan Sony SPC-700 prosesor untuk digunakan sebagai delapan-saluran ADPCM sintesis suara diatur di Super Famicom / SNES konsol melalui demonstrasi yang mengesankan kemampuan prosesor.

Sony juga berencana untuk mengembangkan Super Famicom-kompatibel, Sony-merek konsol, tapi satu yang akan lebih dari sistem hiburan rumah bermain berdua Super Nintendo cartridge dan format CD baru yang Sony akan desain. Ini juga merupakan format yang digunakan dalam SNES CD cakram, memberikan tingkat besar kontrol ke Sony meskipun Nintendo posisi terkemuka di pasar game video.

The SNES-CD itu akan diumumkan pada Mei 1991 Consumer Electronics Show (CES). Namun, ketika Hiroshi Yamauchi membaca 1988 asli kontrak antara Sony dan Nintendo, ia menyadari bahwa pada dasarnya perjanjian sebelumnya Sony menyerahkan kendali penuh atas setiap dan semua judul tertulis di SNES CD-ROM format. Yamauchi memutuskan bahwa kontrak benar-benar tidak bisa diterima dan ia diam-diam membatalkan semua rencana untuk bersama-Sony Nintendo SNES CD lampiran. Alih-alih mengumumkan kemitraan antara Sony dan Nintendo, pukul 9 pagi pada hari CES, ketua Nintendo Howard Lincoln melangkah ke atas panggung dan mengungkapkan bahwa Nintendo sekarang bersekutu dengan Philips, dan Nintendo berencana meninggalkan semua pekerjaan sebelumnya Nintendo dan Sony telah dicapai. Lincoln dan Minoru Arakawa itu, tanpa sepengetahuan Sony, Philips diterbangkan ke markas besar di Eropa dan membentuk aliansi yang jelas sifat yang berbeda-satu yang akan memberi Nintendo total kontrol atas izin pada mesin Philips.

Setelah runtuhnya proyek bersama, Sony dianggap menghentikan penelitian mereka, tetapi pada akhirnya perusahaan memutuskan untuk menggunakan apa yang mereka telah dikembangkan sejauh ini dan membuatnya menjadi lengkap, berdiri sendiri konsol. Akibatnya, Nintendo mengklaim mengajukan gugatan pelanggaran kontrak dan percobaan, dalam pengadilan federal AS, untuk mendapatkan perintah terhadap pembebasan dari PlayStation, dengan alasan bahwa Nintendo memiliki nama. Hakim federal memimpin kasus menyangkal perintah dan, pada bulan Oktober 1991, inkarnasi pertama PlayStation baru terungkap. Namun, berteori bahwa hanya 200 atau lebih dari mesin-mesin yang pernah diproduksi.

Pada akhir 1992, Sony dan Nintendo mencapai kesepakatan dimana "PlayStation" akan masih memiliki port untuk SNES game, tapi Nintendo akan memiliki hak-hak dan menerima sebagian besar keuntungan dari permainan, dan SNES akan terus menggunakan Sony-dirancang audio chip. Namun, Sony memutuskan pada awal 1993 untuk memulai pengerjaan ulang yang "PlayStation" konsep untuk menargetkan generasi baru perangkat keras dan perangkat lunak. Sebagai bagian dari proses ini pelabuhan cartridge SNES menjatuhkan dan ruang antara nama-nama itu dihapus, dengan demikian mengakhiri keterlibatan Nintendo dengan proyek.

Tidak ada komentar: